Tips Meningkatkan Trafik Toko Online

Apa sih harapan dan ekspetasi kamu ketika punya toko online atau website buat jualan sendiri? Trafik toko online yang mendatangkan prospect customer? Atau branding yang langsung dikenal banyak orang? Tapi pertanyaannya apakah dengan adanya toko online atau website bisa menjamin kita punya banyak customer baru dan leads tiap hari? It’s a big no!

Toko online atau website bisa banget menjadi ladang customer utama kita kalau dikelola dengan baik dan benar. Soalnya masih banyak juga yang berpikir instant buat toko online atau website besoknya bisa langsung dapat traffic leads baru. Di artikel ini yuk kita kupas hal apa saja sih yang bisa kita lakukan dengan toko online agar jualan online makin mantap. Ini dia tips meningkatkan trafik toko online.

Manfaatkan media sosial

Media sosial adalah platform yang tepat untuk mempromosikan toko online. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan Facebook Business Manager, Instagram, Twitter, atau Tiktok. Hal yang bisa kamu lakukan adalah selalu rajin update konten sehingga kamu bisa menggaet audience baru dari media sosial. Setelah itu, kamu bisa arahkan mereka untuk mempelajari lebih lanjut di toko online atau website utama. Penting juga untuk mencatumkan link website di setiap bio media sosial.

Buat promosi khusus di toko online / website

Promosi bisa dilakukan dimana saja, termasuk di toko online atau website. Jenis promosi yang bisa kamu coba yaitu menampilkan pop up icon flash sales ketika user pertama kali mengunjungi toko online, menampilkan harga coret, atau bisa juga menampilkan mystery box untuk setiap pembelian barang tertentu. Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk calon customer.

Digital advertising

Trafik berbayar? Mengapa tidak! Kamu bisa mendorong trafik yang matang ke toko online atau website dengan memanfaatkan iklan berbayar, baik pakai Google ads maupun Facebook/ Instagram ads. Dengan Adwords, mereka yang mencari produk Anda di mesin pencari akan lebih mudah dalam menemukan toko online kamu. Sedangkan Facebook, dengan targeting yang tepat, kamu akan menjangkau ratusan atau jutaan audience yang mempunyai minat terhadap produk kamu.

Gimana sudah paham kan kalau toko online atau website aja gak bisa mendatangkan langsung leads atau trafik secara instant. Kamu perlu mengoptimalkannya dengan berbagai cara. Semoga 3 cara diatas bisa membantu kamu berjualan online di toko online atau website yaa. Selamat mencoba.