Rahasia Website Ada di Ranking 3 Besar Google

Ketika sedang browsing artikel atau barang di Google (mesin pencarian) apakah kamu lebih sering membaca link artikel yang ada di posisi ranking 5 teratas? Atau bahkan hanya condong di yang urutan pertama? Hal apa sih yang menjadikan suatu website itu ada di urutan pertama Google? Apakah hanya dibiarkan begitu saja? Tentu tidak! Ada banyak faktor dan pendukung yang berpengaruh terhadap posisi suatu website. Hal ini berlaku untuk website yang berupa artikel, website company profile, atau website jualan. Oke, langsung saja di artikel ini kita akan bahas rahasia website ada di ranking 3 besar Google atau mesin pencarian.

Kata kunci yang dipakai

Fokuskan kepada satu atau beberapa kata kunci yang akan dipakai di website kamu. Misalnya, kamu menjual produk kecantikan seperti skin care dan make up, cobalah untuk menemukan dan research kata kunci yang relevant.

Ada banyak yang menentukan keberhasilan kata kunci untuk website, diantaranya

1. Search Volume. Seberapa besar presentasi orang mencari kata kunci tersebut. Semakin banyak maka kesempatan mendapatkan traffic ke website kamu semakin besar juga peluangnya. Tapi kompetisi dengan kompetitor juga akan semakin sengit.

2. SEO difficulty. Ini adalah tingkat keselitan suatu kata kunci berdasarkan SEO (Search Engine Optimation). Semakin besar nilainya, maka semakin besar juga kompetisi di mesin pencarian.

Untuk mengukur 2 faktor diatas, kamu bisa gunakan tool Ubersuggest untuk menganalisis kata kunci yang akan dipakai.

Pasang SSL Certificate

SSL certificate adalah komponen yang dibutuhkan untuk mengenkripsi transfer data yang terjadi dalam suatu website. Namun, penggunaannya tidak hanya berdampak positif terhadap keamanan website. Mungkin ini akan sedikit lebih ke arah teknis, tapi kamu juga perlu tahu. Lalu, gimana contohnya webiste itu sudah dipasang SSL atau belum?

Itu adalah contoh sebuah website yang tidak dipasang SSL. Dan ini adalah contoh website untuk jualan online yang dibuat di TokoIG dan telah dipasang SSL.

Link inbound dan outbond

Sebuah website yang sudah jadi pastinya tidak dibiarkan begitu saja, dan pastinya harus ada aktifitas diluar update postingan atau pembaruan konten. Aktifitas lain yang bisa menghidupkan website kamu adalah melakukan promosi website baik di internal website ataupun di eksternal.

Untuk internal, kamu bisa menyematakan link artikle atau antar sub page lainnya secara relevan. Kamu bisa menyematkan link luar di konten website kamu. Untuk cara eksternal, kamu bisa bagikan link website dan konten baru di media sosial. Lalu, arahkan audience yang ada di media sosial ke website kamu, dengan cara ini website akan lebih hidup karena ada kunjungan dari referal.

Nah, gimana nih caranya biar tau berapa orang yang mengunjungi website kita dari hasil referal? Kamu harus setup dan pasang akun Google Analytic.

Baca cara pasang Google Analytic

Gunakan Google Bisnisku

Rahasia lain agar website ada di ranking 3 besar Google adalah buat akun Google Bisnisku. Google Bisnisku adalah listing bisnis gratis yang disediakan oleh Google. Dengan platform ini, kamu bisa menampilkan berbagai informasi penting terkait usaha, termasuk jenis usaha, lokasi, jam operasional, nomor telepon, serta alamat website. Berikut adalah contoh Google Bisnisku

Manfaat yang bisa diambil ketika kamu sudah punya Google Bisnisku adalah:

  1. Mempermudah calon klien menemukan informasi mengenai bisnis kamu
  2. Mempermudah mendapatkan review dan rating dari klien
  3. Bisnis terlihat lebih profesional dan meyakinkan
  4. Bisnis akan muncul di Google Maps

Itu dia 4 point yang bisa kamu aplikasikan agar website kamu setidaknya ada diposisi 3 besar Google. Masih banyak hal dan faktor untuk menunjang ranking suatu website di Google. Makannya jangan lupa cek terus blog TokoIG untuk mendapatkan informasi lainnya.