Serba Digital di Era Pandemi, Media Sosial Jadi Platform Bisnis Pelaku UMKM dan UKM

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM setidaknya ada 10,2 juta pelaku UMKM Indonesia yang sudah go digital. Angka ini cukup meningkat sebanyak 3% jika dibandingkan dengan awal tahun 2020, dari 13% ke 16%. 

UMKM dan UKM mulai menggunakan platform media sosial sebagai wadah baru untuk berjualan guna untuk merespon penjualan di tengah pandemic yang belum juga berakhir. 

Disisi lain, keterbatasannya pengetahuan tentang teknologi dan finansial untuk lebih mengembangkan pemasaran melalui online, UMKM dan UKM memerlukan dukungan baik dari Startup E-commerce maupun komunitas. 

Penopang lain agar perkembangan bisnis UMKM dan UKM terus berjaya adalah mereka dibekali pemahaman Digital Marketing. TokoIG, sebagai Startup Social Commerce yang memiliki visi untuk membantu perkembangan UMKM dan UKM Indonesia lewat digital, menghadirkan website online yang terintegrasi dengan Instagram. Para pelaku UMKM dan UKM dapat memanfaatkan media sosial Instagram sebagai senjata utama untuk berjualan online dan membuat website praktis dari TokoIG. 

Adanya pelatihan dan pendampingan Digital Marketing dari TokoIG untuk penggunanya juga diharapkan mereka mampu memahami konsep dasar dan mampu bersaing di tengah Industri 4.0 ini.