Jenis Iklan Google yang Perlu Dicoba

Media apa saja yang sudah kamu gunakan untuk beriklan? Kebanyakan pasti jawab media sosial. Tidak diraguka lagi, beriklan di media sosial ternyata bisa membuat penjualan yang cukup signifikan. Hal ini dikarenakan 80% terutama penduduk Indonesia adalah pengguna aktif media sosial. 8 dari 10 orang pasti akan mengetuk iklan yang mereka lihat di media sosial. Terlepas dari iklan media sosial, sebagai penjual online kamu juga dituntut untuk bisa mengembangkan iklan di Google. Kenapa harus Google? karena Google masih menjadi raja dan tempat orang mencari barang yang diinginkan. Tapi, sebelum pasang iklan di Google, pahami dulu macam-macam iklan Google yang bisa dicoba.

Iklan Google Adwords

Google AdWords memungkinkan kamu untuk menargetkan calon pelanggan anda berdasarkan keyword, topik, lokasi, hingga waktu. Kamu bisa menargetkan iklan yang dibuat di Google Search dengan menggunakan satu kata kunci. Dengan kata lain Google Adwords berfungsi untuk dapat menempatkan iklan produk/jasa supaya berada di tempat khusus yang langsung terjangkau oleh mata pengunjung dan sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengunjung melalui search engine Google.

Ada tips yang bisa kamu lakukan sebelum mengeksekusikan iklan di Google Adwords. Cobalah untuk research kata kunci yang aka digunakan, pastikan kata kunci yang digunakan memiliki Search Volume yang tinggi dengan kompetisi yang rendah. Selidiki juga Paid Difficulty nya, apakah tinggi atau rendah. Jika angka Paid Difficulty nya semakin tinggi maka semakin kompetitif.

Contoh Iklan Google Adwords - Contoh Jos
Contoh jenis iklan Adwords di Google

Iklan Gmail Ads

Jika kamu menjual jasa atau produk untuk kalangan menengah ke atas, mungkin promosi melalui email wajib dicoba. Tidak banyak yang menggunakan Gmail Ads, tapi tahukah kamu jika Gmail Ads ini ternyata ampuh juga untuk brand awareness dan closing. Cara lain iklan di Google dengan Gmail Ads cukup gampang. Kamu hanya perlu mengatur penempatannya di email. Gmail Ads ini nantinya akan masuk ke inbox promotion target audience. Iklan Google untuk Gmail Ads ini akan ada diposisi paling atas inbox email.

Contoh jenis iklan Gmail Ads

Iklan Google Display Network

Google Display Network (GDN) mungkin iklan Google yang sering kamu lihat dan dapatkan ketika sedang browsing di suatu website. Iklan gambar ini dapat berisi gambar yang dapat di klik mengarah ke halaman website atau bisa juga judul, link tujuan, deskripsi dan gambar. Untuk ukuran iklan gambar bisa berbeda-beda tergantung dimana iklan itu dipasang. Ada ukuran square (kotak), panjang, bahkan banner kecil. Berikut adalah variasi ukuran Google Display Network.

Google Adwords: Tudo que você precisa saber sobre anúncios
Google Ads vs. FB Ads: What's the Right Tool for Growing Your Biz?
Contoh jenis iklan Google Display Network

Ketiga iklan Google tersebut bisa segera dicoba untuk mengoptimasikan penjualan. Harga pasang satu iklan di Google bisa dimulai dari Rp 50.000 per hari, tapi jika kamu ada budget lebih bisa ditambahkan dan disesuaikan. Baca juga rahasia website agar ada di posisi 3 besar Google. Baca disini.