4 Jenis copywriting unik agar jualan online lebih kece

jenis copywriting untuk jualan online

Teknik copywriting memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Bahkan kamu juga harus tau jenis copywriting apa saja yang bisa digunakan. Binsis dan strategi bolehlah sama tetapi hasil bisa berbeda hanya dengan teknik copywriting yang lebih menarik. Copywriting adalah konten yang dibuat dengan tujuan untuk beriklan dan melakukan promosi. Copywriting sering digunakan untuk menarik perhatian target market usaha kamu dengan  tujuan utamanya yaitu menjual produk dan jasa baik melalui media online maupun offline.

Ada beberapa jenis atau teknik copywriting yang biasa digunakan oleh pebisnis online untuk menulis atau mempromosikan produknya melalui sebuah tulisan. Apa saja sih teknik itu?? Yuk simak 4 jenis copywriting yang bisa kamu tulis dengan unik agar jualan onlinenya makin lebih kece.

Jenis copywriting story telling

Kita seringkali menemukan teknik bercerita semacam ini pada email, landing page, atau video-video pendek. Apa pun formatnya, pada umumnya kita akan mendapati empat bagian dasar dalam cerita tersebut:

  1. Opening: Perlihatkan bagaimana karakter cerita pada awalnya memiliki kehidupan yang normal, lalu bagaimana kehidupan yang normal itu dihancurkan oleh perubahan peristiwa yang terjadi.
  2. Konflik: Bagaimana kehidupan tokoh utama terancam jika dia tidak menanggapi masalah? Seperti apa perjalanannya saat dia mengatasi tantangan ini?
  3. Dialog: Orang akan tertarik pada scene dialog dalam sebuah cerita. Ini adalah dasar dari komunikasi, dua orang yang berbicara satu sama lain. Kita juga tertarik pada dialog yang natural karena lebih membumi dan mudah untuk dipahami.
  4. Solusi: Akhirnya, produk kita diperkenalkan sebagai solusi terhadap masalah yang dialami sang karakter. Kemudian kredibilitas produk ditingkatkan dengan menampilkan statistik berbentuk angka.

Kisahnya tidak harus dramatis, hanya harus menarik bagi target pemirsa. Di sinilah pentingnya riset pasar.

Jenis copywriting testimoni

Calon konsumen atau pembeli selalu ingin melihat dulu review atau penilaian suatu barang sebelum mereka memutuskan untuk membelinya. Buat kamu yang kehabisan ide untuk menulis konten, jangan khawatir jenis copywriting testimoni ini bisa dijadikan andalan untuk mengisi konten. Mintalah pembeli untuk mereview dan mengulas produk kamu. Bila perlu, kamu bisa screenshot percakapan dan hasil dari review pembeli tersebut.

Jenis copywriting pertanyaan

Buatlah pertanyaan yang membutuhkan jawaban dari calon konsumen. Kamu perlu melakukan riset dulu tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh konsumen kemudian baru membuat list pertanyaan. Biasanya kebanyakan menggunakan jawaban ‘Ya’, semakin sering menjawah ‘Ya’ maka akan semakin besar peluang untuk membeli produk dari bisnis yang dijual. Contoh pertanyaan untuk produk kesehatan:

  1. Apakah Anda sering tidur larut malam?
  2. Apakah Anda memiliki jerawat dibagian wajah?
  3. Apakah Anda sering makan makanan berlemak?

Jenis copywriting fakta

Jenis copywriting yang menonjolkan data fakta ini memiliki rumus Star (Bintang)-Chain (Rantai)-Hook (Hubugan) – Ini adalah pendekatan yang dibuat oleh Frank Dignan terhadap sebuah pesan iklan.

  • Tarik perhatian pembacamu dengan menuntukkan “star” dari produkmu yang positif dan optimis.
  • Buat Rantai fakta, manfaat, dan alasan yang meyakinkan dan ubah perhatian menjadi minat dan minat menjadi keinginan.
  • Kemudian, Hook,  hubungkan semuanya, berikan ajakan bertindak yang kuat, sehingga mudah untuk merespons.

Gimana sudah dapat gambaran dan inspirasi mau buat copywriting seperti apa lagi agar jualan mu makin kece? Jangan cuman baca aja yaa ayo praktikan sekarang juga teknik copywritingnya.